Friday, November 10, 2006

Inovasi

Beberapa waktu belakangan ini gw sering sekali baca atau liat tentang inovasi. Maklumlah baru belajar bisnis, jadi suka baca-baca buku tentang enterpreneur (kata paman gw enteup di sini enteup di sana :D). Enteup artinya menclok, itu bahsa sunda. Sebelum nulis ini gw cari dulu di Google, arti dari innovation. Hasilnya begini:

Innovation is the introduction of new ideas, goods, services, and practices which are intended to be useful (though a number of unsuccessful innovations can be found throughout history).

Intinya, inovasi adalah suatu yang baru yang ditujukan untuk manfaat.

Hal pertama yang gw temuin tentang inovasi berkaitan dengan perbedaan tiga jenis manusia. Rasanya gw pernah nulis ini sebelumnya, tapi gw tulis lagi deh. Manusia tipe pertama adalah pemimpi, di kepalanya banyak banget inovasi tapi gak berani ngambil resiko. Yang kedua, adalah penjudi, orang ini sangat berani ngambil resiko, tapi gak punya inovasi. Nah yang ketiga adalah enterpreneur, orang ini punya banyak inovasi dan berani ngambil resiko. Jadi inovasi di kepala adalah salah satu syarat orang buat jadi pengusaha yang baik. Bukan artinya tanpa inovasi orang gak akan berhasil berbisnis sih. Gw udah ngeliat contoh-contoh yang berhasil walaupun tanpa inovasi :)

Hal berikutnya yang gw temuin yang merupakan manfaat dari inovasi adalah waktu gua ketemu sama orang yang nemuin suatu zat, yang zat itu bisa mengisi ronga-rongga yang ada di kayu kelapa sawit sehingga kelapa sawit itu bisa dipake buat ngegantiin kayu-kayu yang biasa digunakan orang. Biasanya kayu kelapa sawit ini jadi limbah gak berguna, karena terlalu lemah. Setiap taun bisa sampe puluhan juta kubik dibakar. Orang yang nemuin teknologi ini akhirnya dapet kalpataru. Dan setelah diitung-itung kalo setiap taun ada 40jt kubik kayu kelapa sawit, dalam satu taun dia bisa dapet duit Rp. 400 milyar. Set dah, 1 milyar lebih sehari :)

Hal yang terakhir gw temuin adalah dua hari lalu. Ada pembantu mama gw, dia beberapa waktu lalu dikasih kulkas bekas rumah makan mama gw. Sampe sekarang dia masih kerja di rumah makan mama gw. Dua hari lalu dia dateng bawa es krim di cup. Warnanya coklat, atasnya ada mesesnya warna warni. Jadi sekarang dia jualan di sekitar rumahnya. Rumahnya memang bukan daerah elit. Dia jual es krim itu satu cup harganya cuma Rp. 500. Bisa bayangin gak? Yang biasanya harganya bebreapa ribu, ini bisa dibeli dengan Rp. 500. Dia bilang, satu hari bisa sampe kejual 50 cup. Mungkin untungnya perbulan gak seberapa buat yang baca artikel ini. Tapi buat dia perbulanya mungkin bisa setengah dari gaji dia sebulan. Orang ini punya ide baru, menjual sesuatu yang mungkin dia buat dengan alat seadanya di pasar yang tepat. Mungkin dia gak sadar, tapi ini adalah sesuatu yang hebat :) At least dari pandangan gw.

Beberapa waktu lalu di detik ada artikel judulnya Air, Api, Tanah dan Angin dari perusahaan software. Artikel ini ngejelasin, apa yang penting diperhatiin dari perusahaan software. Salah satunya adalah inovasi terus menerus.

Beberapa hari ini, gw lagi baca buku Google Story. Memang luar biasa ini buku. Sangat sangat inspiring. Lagipula penulisnya ini juga snagat hebat. Dia dapet penghargaan Pulitzer. Gak tau untuk buku ini atau bukan tapi memang gaya tulisannya luar biasa, ga bikin bosen. Dan tau gak? Yang bikin Google berhasil adalah inovasi :) Luar biasanya google, mereka membuat perusahaan mereka seperti perguruan tinggi yang berisi researcher. Mereka semua mencipta mencipta dan mencipta. Nah urusan gimana hasil ciptaannya dijual, ini urusan orang-orang bisnisnya. Dan itu dipikirin belakangan. Perusahaan yang luar biasa :)

Kejadian kejadian yang gw temuin, dan tulisan-tulisan yang gw baca bikin gw sadar. Kita semua harus terus berinovasi. Jika tidak, betapa membosankannya otak kita ya. Otak hanya melakukan rutinitas hari-hari yang sama dan tidak loncat-loncat kesana kemari mencari inovas-inovasi yang bermanfaat buat manusia :)

Gaya amat tu kalimat terakhir :D

No comments: