Thursday, November 23, 2006

Belajar Pemrograman atau Bahasa Pemrograman?

Kemaren, gw tulis di status gw, "the time has come, for me to learn J2EE.". Terus gw mulai tanya-tanya sama Uud, dan Ari barangkali mereka punya rekomendasi buat belajar JSP. Gw pengennya belajar mulai dari JSP terus berlanjut kr yang lebih advance. Terus si Uud kasih nasehat bahwa kalo belajar J2EE tu gak kaya belajar bahasa lainya. Karena akhirnya akan sambung menyambung terus, misalnya akhirnya masuk ke belajar JNDI, JMS dst. Memang bener si, Java bisa kita pake buat bikin apa aja. Dari mulai programming buat microprocessor sampe ke enterprise application yang clustered. Detilnya belum tau si, cuma gw suka baca aja di sana-sini :)

Dari obrolan itu gw kepikiran, terus gw sampein ke si Uud. Bahwa ada bedanya belajar pemrograman dengan belajar bahasa pemrogramman. IMHO, belajar pemrograman itu bisa belajar pemrograman desktop, pemorgraman web, pemrograman enterprise, pemrograman level rendah, dan lain-lain. Nah bagaimana menulis program sehingga bisa jalan, itu kita harus belajar bahasa pemrograman.

Contoh kasus begini, misal kita belajar pemrograman desktop pake bahasa Visual Basic 6. Pada saat kita mau belajar bahasa lain, sebagai contoh Delphi kita tinggal memetakan konsep pemrograman dekstop yang kita pahami menggunakan Delphi. Di pemrograman desktop ada teknik-teknik seperti bagaimana membuat form, menambahkan kontrol2, menghandle event, membuat control form baru dan lain-lain. Nah teknik-teknik itu ada di Delphi, VB6, dan Java juga. Jadi kita belajar pemrograman dekstop dengan bahasa apapun, seharusnya untuk mempelajari bahasa lain tinggal menyesuaikan bahasanya saja. Mungkin ini terlalu ideal ya, tapi pada prakteknya ada aja penyesuaian yang lebih dari sekedar bahasa.

Contoh lain di web programming. Misalkan kita terbiasa programming dengan PHP. Di dalam web programming ada beberapa hal yang perlu dipahami contohnya masalah stateless connectionnya HTTP, masalah manajemen session, masalah variabel yang weak typing dan lain-lain. Nah ini semua bisa kita pelajari di PHP. Pada saat belajar JSP, "seharusnya" kita hanya tinggal belajar bagaimana melakukan itu di JSP. Balik lagi ke obrolan sama Uud mengenai, kalo kita pake JSP kita butuh belajar hal-hal yang lebih kompleks seperti JNDI, JMS, dll, ini udah gak termasuk ke web programming. Ini udah masuk ke enterprise application programming. Kebetulan kita memang bisa membuat interface dan berinteraksi dengan enterprise app dengan JSP. Pake PHP juga bisa sebenernya, cuma komunikasinya gak pake RMI, tapi pake SOAP misalnya.

Gw jadi mikir, apakah seharusnya di kampus-kampus itu mata kuliah pemrograman dibagi menjadi dua, mata kuliah pemorgraman web dipisah dengan mata kuliah bahasa pemrograman JSP misalnya :) Sewaktu belajar pemrograman web, mahasiswa dipersilahkan milih bahasa apapun terserah mereka, pada saat belajar bahasa pemrograman JSP, mereka wajib pake JSP. Lalu ada mata kuliah bahasa pemrograman apa aja tergantung kebutuhan, tapi konsep dasarnya sekali :) Heheh, ngomong yang bukan pada tempatnya. Cuma ngungkapin ide aja, gak niat so tau :)

2 comments:

Isaam Khalid said...

sebenernya gak gitu mas :) aku belum tau giman kelompok sebenarnya, tapi itu kelompok yang kubuat sendiri. makanya aku definisikan terlebih dahulu pemrograman web dan pemrograman enterprise menurut pandanganku. kalo punya pengelompokkan yang lebih baik, tolong dikasih tau ya :)

yang kumaksud dengan enterprise application programming adalah membuat sistem besar dengan teknologi2 skala enterprise. tidak hanya sekedear aplikasi database 2 tier yang terkoneksi ke database. please give me better definition :)

Anonymous said...

sebenarnya mata kuliah untuk IT sih sudah cukup, masalahnya di kuliah kita hanya diberi tugas kecil, bukan proyek yg bisa di pake belajar, ya..jd kita blm tau implemenasi realnya.

Mata kuliah Dasar Pemrograman itu sdh cukup untuk kita belajar konsep pemrograman ( tergantung orangnya sih..., masalah kreatifitas dan imaji-nya) :)