Friday, August 24, 2007

Project Management Dan Ocean 11 - 12 - 13

Baru selesai nonton Ocean 13 di kantor. Sekalian nunggu ujan reda. Gw suka semua film Ocean, walaupun yang kedua banyak anehnya (masa pake nyaru jadi Julia Robert......dsb dsb). Di film2 itu diceritain beberapa orang yang jago di bidangnya masing-masing, lalu mereka kerja sama untuk mencuri :) Mereka semua percaya diri dengan kemampuan mereka, dan tau sekali apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Lalu pada saat pengerjaan, mereka semua melakukanya dengan sempurna.

Setelah nonton film itu gw mikir. Mungkin gak ya kita develope software sehebat mereka nyuri :D? Semua komponen dalam tim tau apa dan kapan mereka mengerjakan pekerjaaanya. Semua tau, jika apa yang mereka lakukan gagal, akan menghancurkan seluruh proyek. Dan semua merasa punya tanggung jawab besar terhadap proyek.

Kalo diperhatiin, yang pertama mereka miliki adalah pengetahuan terhadap tujuan mereka. Setelah itu mereka pecah jadi tujuan2 yang lebih kecil. Lalu pecah lagi sampai lebih kecil lagi. Sampai mereka bisa menentukan kapan melakukan apa dalam hitunggan menit, bahkan detik. Gak dijelasin rinci gimana mereka memmbuat jadwal sih. Cuma pasti mereka pake Work Breakdown Structure (WBS) ya :D. Dengan begitu mereka bisa membuat rencana yang sangat rinci dan akurat.

Yang kedua adalah orang2 yang sangat hebat di bidangnya masing-masing. Ada yang jago hacking, jago bahan peledak, jago akrobat dsb dsb.

Yang ketiga, mereka punya relasi yang luar biasa :) Kayanya setiap butuh sesuatu ada aja channelnya.

Yang keempat, mereka punya Danny Ocean, pemimpin yang memang jago :)

Dan yang menarik, mereka melakukan semua itu dengan kereeeeeen.

3 comments:

L. Pralangga said...

Wah, disini baru main Ocean 13, berarti pas mudik nanti kudu beli nih DVD yang si 13-nya :D

Seneng udh bisa mampir kesini lagi..

Ohya, warung kopi kita udah di buka lagi tuh ---> ada suguhan baruuuu, lho!.... :-) dan Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

Anonymous said...

blog baru nih Saam?

Ocean 13 memang cool. Just perfect..:)

Isaam Khalid said...

iya mas Awal. blogthing ngambek melulu. jadi pindah rumah ke sini :)