Saturday, August 18, 2007

Gak Enaknya Radang Sinus

Pernah ngerasain sakit gigi yang luar biasa pastinya kan? Nah bayangin kalo sakit kaya gitu adanya di kepala. Sakitnya mulai dari jidat sampe ke belakang leher. Subhanallah, itu sakit yang paling gak enak yang pernah gw rasain. Hari ini yang paling parah. Sampe mata mau melek gak bisa.

Sinus itu ada di beberapa tempat di sekitar hidung dan jidat. Sebenernya sinus itu rongga yang dibentuk dari beberapa lempengan tulang. Jadi gak bisa diangkat tu sinus. Nah, kalo udah radang sinus, cairan yang seharusnya bisa keluar dari rongga itu jadi gak bisa keluar. Ini yang nyebabin kepala sakit lwar byasa. Yang gw heran, idung segede gaban begini masih kena radang sinus :D Tapi sodara-sodara berhidung gaban pun kena sinus si.

Gw udah beli buku tentang Sinusistis buatan Harvard Medical School. Di situ diceritain banyak tentang sinus. Cuman istilahnya istilah kedokteran semua. Otak gw jadi gak fokus kalo udah muncul bahasa-bahasa latin :D. Kebanyakan baca buku Ilmu Komputer kalik.

Cara pengobatannya macem-macem, ada yang minum obat, ada irigasi, ada operasi dsb dsb. Nah gw ngobatin kalo lagi kambuh sinus ada beberapa alternatif:
  1. Minum obat. Tadi minum clarinase udah gak mempan. Kayanya mau minum yang lebih keras nih laen kali.
  2. Kilik idung biar bersin :D. Kalo gak parah-parah amat mah lumayan ilang. Ingusnya jadi keluar.
  3. Olesin bagian yang sakit pake minyak babah. Ini baru tadi dicobain. Gak tau tuh minya mereknya apa. Yang jelas ada gambar engko engko cina. Minyak ini dari Singapur. Dikirimin sama keluarga yang ada di sana.
  4. Olah raga. Tsah. Beberapa hari belakangan lagi merutinkan lari pagi. Efeknya lwaarbyasa. BUkan cuma sinus, tapi gak enak badan dan ngantuk2 pun hilang seketika.
Sekian pembahasan ngasal tentang penyakit tergakenak di dunia ini (at least untuk sekarang, mudah2an gak dikasih ayng lebih berat dah).

4 comments:

Jay said...

Sakit mana ya sam ama sakit ati... hehehe.

Klo gw akhir2 ini sering sakit perut sam... ruarrrr byasah tu perut berasa dikocek2. lah kok malah curhat.

Sam, bekam kemaren emang ga ngurangin radang sinusitis lo?

Tsaah lari pagi... tekuat Isaam.. Ngepein sam lari pagi? Liat "pemandangan" yah huehehe

Isaam Khalid said...

Idih, jorok bener ni komen ngomongin gituan. Minum diatab aja jar. Mungkin onderdil lu udah musti diganti jar. Makanya jangan beli buatan taiwan. Murah si memang cuman cepet rusak.

Hmm, gak ngurangin jar tu bekam. Salah sedot kali yak :p

Eh, gw lari paginya gak hari minggu. Jadi pemandangannya cuma tukang bubur, tukang serabi, kakek2, ibu2.. jadi jangan pake tanda kutip sgala ya.

Nina said...

sinus klo dh radang, nyeri nya mpe belkang telinga, mata jg ga sam??

Isaam Khalid said...

@Nina: iya betul. kadang sampe ke leher bagian belakang juga kalo udah parah.