Thursday, February 12, 2009

Press Confrence iMulai 2.0


Kemarin (11 Februari 2009), Microsoft dan Senada (USAID) mengadakan acara press conference pemenang iMulai 2.0. Acaranya diadakan di Hotel Le Meridien. Di acara itu, pemenang-pemenang iMulai 2.0 diberi waktu untuk presentasi selama sekitar lima menit. Masalahnya adalah, di acara itu datang juga Bapak Tony Chen (Presiednt Director, PT Microsoft Indonesia), Mr. Cameron R. Hume (Ambassador of the United States of America), dan Bapak Engkos Koswara (Mewakili Menristek). Rencananya Bapak Menristek akan datang, tapi ada acara mendadak jadi beliau diwakili. Lalu yang menjadi masalah adalah, deg-degan karena belum biasa presentasi di depan orang-orang besar seperti itu dan wartawan.

Hari itu, dimulai dengan bagun subuh, lalu solat subuh, makan dan mandi. Deg-degan sudah dari malam sebelumnya. Kalo kata Harry, rasanya orang kalau mau akad nikah seperti itu. Yah, setidaknya latihan dulu, jadi nanti kalau akad nikah udah siap. Setelah mandi, latihan presentasi dari bahan yang sudah disiapkan. Ternyata ada masalah. Waktu yang dibutuhkan adalah tujuh menit lebih. Sudah tidak ada waktu lagi, nanti di jalan sambil dipikir bagaimana cara buat bikin presentasinya jadi lima menit.

Jadwalnya, semua harus sudah kumpul di hotel jam 10:00. Kami semua, janjian ketemu di kantor jam 06:30. Rencananya mau berangkat jam 07:00, supaya ga terlambat kalau ada apa-apa di jalan. Tapi akhirnya, kita semua baru berangkat jam 07:30.

Jam 09:00 kami semua sudah tiba di Le Meridien Jakarta. Akhirnya kami putuskan untuk nunggu di cafe yang ada di dekat lobby. Kami minum kopi, sambil latihan presentasi dan ngobrol tentang gimana baiknya presentasi dilakukan. Lalu coba latihan presentasi lagi. Dan akhirnya waktunya kurang dari lima menit. Hati rasanya semakin deg-degan.

Jam 10:00 kami semua menuju ruangan acara. Sampai di sana kami langsung diantar ke tempat duduk kami. Ruangan berisi meja-meja bundar dan kursi-kursi di sekelilingnya. Kami diberi meja paling depan kanan. Lalu di meja tersebut ada tulisan "VIP". Ini adalah pengalamn pertama kami duduk di meja VIP.

Kami duduk sambil makan kue-kue kecil dan ngobrol dengan pemenang lainnya. Waktu berjalan, hati semakin deg-degan. Tidak lama kemudian, Pak Farid Ma'ruf datang menghampiri. Lalu dia bilang, "Sepertinya wartawan yang datang sedikit. Seharusnay mereka sudah kumpul." Dalam hati sebenernya bersyukur, jadi penonton-nya tidak terlalu banyak.

Tidak lama kemudian, Bapak US Ambassador bersama tim, Bapak Tony Chen, dan Bapak Engkos Koswara datang dan masuk ruangan. Dan sewaktu liat ke belakang. Ternyata, seluruh meja dipenuhi oleh wartawan. Bahkan ada yang duduk di kursi tanpa meja. Tambah lagi deg-degan nya.

Acara dimulai. Bapak Tony Chen memberi sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato dari US Ambassador, dan dilanjutkan dengan Bapak Engkos Koswara. Sepanjang itu, tangan mulai basah karena keringat. Tapi tampilan diusahakan tetap cool (padahal deg-degan setengah mati). Sambil mendengarkan speech, sambil buat corat-coret bahan presentasi. Point-pointnya ditulis di kertas biar gak lupa.

Acara berikutnya adalah pengumuman pemenang. Yang mengumumkan perusahaan kami adalah Jonah Stephen (Director - Developer and Platform Group PT. Microsoft Indonesia). Dia kesulitan membaca nama perusahaan kami (PT. Azadirachta Mandiri). Kami lupa, harusnya kami sampaikan ke panitia untuk menyebut perusahaan kami dengan branding name yaitu amn. Yah sudahlah, tidak masalah. Sewaktu nama kami dipanggil, gw berdiri dan senyum ke arah penonton. Lalu duduk kembali.




Waktu presentasi pun semakin dekat.

Acara berikutnya adalah penyerahan penghargaan. Pertama Bapak US Ambassador dan tim naik ke panggung, Bapak Tony Chen, dan Bapak Engkos koswara. Lalu ketiga pemenang-pun naik ke panggung. Gw pikir, acara bersalaman itu nanti sewaktu hadiah diberikan. Ternyata seharusnya sewaktu naik panggung, kami bersalaman dengan orang-orang besar tersebut. Karena ga tau, akhirnya tim-nya Bapak US Ambassador ga disalamin. Kalau bapak-bapak baca blog saya, saya mohon maaf pak. Betul-betul tidak ada maksud.

Sewaktu penyerahan hadiah, semua wartawan maju mendekati panggung dan mengambil foto-foto. Clik clak clik clik clik clak clik... Cuma suara itu yang terdengar dan blitz menyala-nyala. Jadi begitu ya kira-kira rasanya jadi pejabat atau selebritis.

Setelah selesai ketiga pemenang diperkenalkan. Mulailah acara presentasi. Giliran presentasi pertama adalah perusahaan kami. Puncak deg-degan adalah pada saat nunggu nama kami dipanggil. Akhirnya "Kami persilahkan kepada PT. Azadirachta Mandiri untuk memperesentasikan inovasinya." Gw berdiri, lalu jalan pelan-pelan ke arah podium. Di sebelah kanan panggung, ada layar besar yang menampilkan slide presentasi.

"Assalamu'alaikum warahmatullah, selamat siang. Pertama saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya. Saya juga mohon maaf, jika presentasi saya aga terbata-bata, karena ini adalah pengalaman pertama saya presentasi di acara seperti ini. Nama saya Isaam Khalid, saya mewakili amn......................". Dan setelah itu, deg-degan pun hilang. Alhamdulillah presentasi berjalan lancar. ".......sekian presentasi dari saya. Saya Isaam Khalid untuk amn, terima kasih." Lalu jalan pelan-pelan turun dari podium.

"Aaahhhhhh........ beressssss." Begitu kira-kira kalo otak gw ada suaranya.

Setelah dari itu, hati tenang, dan menikmati sisa acara.

Acara seleseai, lalu makan siang. Selesai makan siang, ngobrol-ngobrol dulu sama Satria dari Microsoft. Sewaktu ngobrol enak-enak, ruangan sudah mulai dibersih-bersihkan. Sepertinya akan ada acara lagi setelah acara kami. Jadi obrolan tidak bisa dilanjutkan.

Akhirnya kami semua meninggalkan ruangan dan pulang. Sebelum pulang ke Bogor, kami ke kantor gedung Patra Jasa dulu. Kami nganter Harry, karena dia harus ke BPMIGAS sebentar. Kami solat dzuhur dulu di sana.

Setelah urusan Harry selesai. Kami pulang ke Bogor. Di perjalanan, ada beberapa sms masuk, lalu kakak gw telefon. Ternyata beritanya sudah masuk detik.com. Foto yang ada detik adalah foto yang ada di atas.

Dari hasil browsing, berikut ini adalah publikasi yang ada di internet:


Alhamdulillah. Terima kasih untuk Microsoft, Senada dan juga para wartawan.

11 comments:

Ms.saNTi said...

selamat ya james bond :D

Anonymous said...

wedew denger judulnya ni ngeri ni "Press Conffrence iMulai 2.0"

Deg-degan sudah dari malam sebelumnya. Kalo kata Harry, rasanya orang kalau mau akad nikah seperti itu. Yah, setidaknya latihan dulu, jadi nanti kalau akad nikah udah siap...

Sepanjang itu, tangan mulai basah karena keringat. Tapi tampilan diusahakan tetap cool (padahal deg-degan setengah mati).

wakakaka...bukan mainnn sam *ternyata seorang isam khalid punya jantung juga hahaahahahaha

Clik clak clik clik clik clak clik... Cuma suara itu yang terdengar dan blitz menyala-nyala. Jadi begitu ya kira-kira rasanya jadi pejabat atau selebritis.

setidaknya sam merasakan jd seleb...

"saya mewakili amn......................". Dan setelah itu, deg-degan pun hilang.Alhamdulillah presentasi berjalan lancar.

hebuat euy isaam khalid!!! tak terbayang kalu daku yang dipodium huH!!! mati suri kali gw....

SELAMAT lah pokoknya buat Pak isaam Khalid... 20 jari gw de sam buat lu hahahahaha... btw da ganti nama jadi james bond???

Anonymous said...

Alhamdulillah....Isaam, Dankos, Harry..kwurrreeenn..dah pokoknya..

Anonymous said...

Alhamdulillah.....
Im proud to be your friend guys....

Selamat ya....Sukses terus....
di tunggu makan2 nyah....hehehehe

Anonymous said...

Canggih bukan buatan : )

Untuk yang ke sekian kalinya "Selamat yaa, cam, kos, rhie...". Kalo pake bahasanya dankos "You are the best.......................................but after me" hihi.. canda, keren betul lah poko na mah!!

Jangan lupa, amanat yang sekarang berada di pundak kalian : ) Semoga Alloh selalu mudahkan urusan kalian dalam kebaikan dan melimpahkan barokah didalamnya. aamiin.

Anonymous said...

Semoga Allah selalu memberikan kemudahan.. Good Luck dan Succes..!!!

Akhmad Fathonih said...

Selamat Sam. Saya merasa bangga dan iri punya teman seperti kamu. Hehehehe. Moga-moga saya segera tertular prestasinya :)

Selamat bingung menerima proyek :D

Anonymous said...

Bravo....

Selamat ya

Selangkah demi selangkah menuju Sukses..

Semangat...!

^_^

yaya

riyono said...

Isaam ternyata udah latian deg-degan untuk menghadapi akad nikah... Akad nikah kapan nih?

Anyway, congratulations! :D

Isaam Khalid said...

@Santi
Terima kasih, hehehe

@daShahab
perasaan orang biasanya jempol doang dur. ini 20 jari. gw terharu :D.

@Lira
terima kasih ra.

@dien
hehe. I'm very glad if you proud. Waktu itu lu ga ikutan makan2nya yen. terlambat sudah :).

@Fajar
amin. Allah yubarik fik.

@Wahby
amin. syukron ami Wahby. sama2, good luck and success.

@Toni
Thanks mas. I'm flattered. Jangan tertular mas. Mudah-mudahan jauh lebih baik. Heheh, ini juga lagi bingung nih ngeberesin proyek.

@Ya2
Terimakasih yaya..

@Riyono
Nick, otak gw kurang inovatif untuk jawab pertanyaan itu. Heheh. Thanks man..

teman samping said...

hehehe.....
cah bagus kok pake deg-degan.
udah yg paling ganteng, jadi gak perlu pake acara tegang segala.
cool aja men.
percaya aja, you are the best.

keep pe-de yah...

sukses